Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi PNG Tembak Mati 11 Narapidana yang Kabur

Kompas.com - 25/02/2016, 21:14 WIB
PORT MORESBY, KOMPAS.com - Aparat keamanan Papua Niugini menembak mati 11 orang dan menangkap kembali 17 orang narapidana yang kabur dari sebuah lembaga pemasyarakatan setempat, Kamis (25/2/2016).

Sejauh ini, kabar terkait jumlah narapidana yang kabur masih simpang siur. Situs berita Papua New Guinea Today mengabarkan lebih dari 50 narapidana kabur.

Namun, stasiun televisi EMTV melaporkan sebanyak 30 orang narapidana menyerang dua penjaga di lapas Buimo di kota Lae sebelum melarikan diri.

"Dipastikan 11 narapidana ditembak mati dan 17 lainnya terluka lalu ditangkap kembali," kata kepala kepolisian metropolitan Anthonu Wagambie, seperti dilaporkan EMTV.

"Polisi kini menunggu petugas lapas untuk memastikan jumlah dan identitas narapidana yang kabur sebelum kami kembali mencari mereka," tambah Wagambie.

Wagambie mengimbau agar warga tidak memberi bantuan bagi para narapidana yang kabur. Warga yang memberikan bantuan akan berurusan dengan hukum yang berlaku.

"Saya mengimbau warga agar waspada dan mengambil langkah-langkah antisipatif. Kami mengantisipasi meningkatnya aktivitas kriminal karena banyaknya narapidana yang kabur," ujar Wagambie menurut Papua New Guinea Today.

Situs berita itu mengabarkan, pembobolan penjara itu sudah direncanakan dengan baik. Peristiwa ini terjadi karena para narapidana di lembaga pemasyarakatan itu hidup dalam kondisi yang sangat buruk.

Peristiwa kaburnya narapidana bukan kali ini saja terjadi di Papua Niugini. Tahun lalu sebanyak 55 orang narapidana kabur dari penjara, seperti dilaporkan EMTV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com