Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS dan China Sepakat, Korut Terancam Sanksi Baru

Kompas.com - 25/02/2016, 09:51 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Pemerintah AS dan China telah mencapai kesepakatan terkait rancangan resolusi DK PBB untuk Korea Utara.

Kedua negara juga sepakat tidak ingin Korea Utara menjadi negara yang memiliki senjata nuklir. Demikian pernyataan Gedung Putih, Rabu (24/2/2016).

Penasihat keamanan nasional AS, Susan Rice, dan Menlu China Wang Yi mencapai kata sepakat tersebut dalam sebuah pertemuan di Washington DC.

"Kedua pejabat sepakat bahwa mereka tidak akan menerima Korea Utara sebagai negara pemilik senjata nuklir," demikian ujar juru bicara Dewan Keamanan Nasional, Ned Price.

Price menambahkan, Presiden Barack Obama kemudian bergabung dalam pertemuan itu. Obama, lanjut Price, menekankan keinginannya untuk membangun hubungan AS-China yang konstruktif, produktif, dan berumur panjang.

Price melanjutkan, Obama menyatakan siap menyambut Presiden China Xi Jinping dalam KTT keamanan nuklir di Washington pada 31 Maret-1 April mendatang.

Pernyataan Gedung Putih ini muncul ketika para diplomat di markas PBB, New York, mengatakan Washington dan Beijing sudah menyepakati rancangan resolusi untuk menjatuhkan sanksi baru terhadap Korea Utara.

Dewan Keamanan PBB dalam beberapa hari ke depan akan melakukan pemungutan suara untuk mengesahkan rancangan itu menjadi sebuah resolusi.

Saat ini, AS sudah membagikan rancangan resolusi itu kepada tiga negara anggota tetap DK PBB, yaitu Inggris, Perancis, dan Rusia.

Selain itu, AS segera mempresentasikan rancangan resolusi itu di hadapan 15 anggota DK PBB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com