Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Susahnya Mencabut Gigi Seekor Singa Jantan

Kompas.com - 25/02/2016, 07:30 WIB
PERTH, KOMPAS.com - Meyakinkan seseorang untuk mencabut gigi ke dokter bisa jadi tugas yang sangat berat. Apalagi bila yang harus "diyakinkan" adalah seekor singa jantan seberat 185 kilogram.

Dokter hewan spesialis dipanggil ke Kebun Binatang Perth untuk mencabut gigi Mandela, singa jantan berusia 13 tahun. Dia adalah satu dari tiga singa asal Afrika yang ada di Kebun Binatang Perth.

Dokter hewan senior, Simone Vitali, mengatakan, pemeriksaan rutin dua pekan lalu menemukan dua gigi Mandela retak dan singa itu mengalami infeksi gigi yang membutuhkan perhatian.

"Seringkali, para predator di penangkaran sangat sedikit menunjukkan tanda-tanda klinis, sehingga kami bahkan tak tahu Mandela mengalami infeksi gigi sampai kami membiusnya dan memeriksanya," jelasnya.

"Cukup menakjubkan melihatnya mentolerir hal semacam ini. Infeksi gigi bagi manusia akan membuat lemas beberapa hari tetapi dengan mereka terus beraktifitas,” tambahnya.

Dr Simone menyambung, "Jadi penting bagi kami sebagai pengasuh untuk melakukan apa yang kami bisa untuk membuat mereka nyaman, bahkan jika mereka tak memberi kami indikasi bahwa mereka merasa tidak nyaman."

Untuk mencabut gigi sang raja hutan, maka Mandela harus "ditidurkan" selama dua jam.

"Giginya besar dan banyak hal yang perlu dilakukan untuk mencabutnya. Jadi untuk hari ini kami baru mencabut salah satu gigi yang terinfeksi," ujar Dr Simone.

"Gigi itu bisa dicabut dengan baik jadi beban pikiran kami berkurang," imbuhnya.

Dibandingkan dengan sanak keluarganya di alam liar, usia Mandela jauh lebih panjang. Singa di alam liar biasanya hanya hidup sampai usia 10 tahun.

Namun, penjaganya di Kebun Binatang Perth, Leonie Perovic, mengatakan, umur Mandela masih sangat panjang.

"Sebagian besar singa-singa di alam liar yang mati karena infeksi disebabkan persis oleh hal semacam ini, gigi patah, atau perkelahian atas makanan dengan singa atau predator lainnya," sebutnya.

Ia menambahkan, "Mereka tak memiliki perawatan medis atau penjaga semacam ini di alam liar. Dalam penangkaran, mereka bisa hidup sampai sekitar 25 tahun."

Mandela, kini, akan kembali ke kandang untuk masa pemulihan dan akan diawasi secara ketat staf kebun binatang.

Tapi, sayangnya, ia harus menjalani prosedur pencabutan gigi lainnya dalam waktu dekat. Setidaknya satu gigi lainnya akan perlu dicabut dalam beberapa pekan mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com