Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Kerahkan Jet Tempur ke Pulau Sengketa

Kompas.com - 24/02/2016, 18:03 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Setelah mengirim rudal ke sebuah pulau sengketa di Laut China Selatan, China mengerahkan sejumlah jet tempurnya ke pulau yang sama.

Mengutip dua pejabat AS yang tak mau disebut namanya, Fox News mengabarkan, dinas intelijen AS menemukan jet tempur Shenyang J-11 dan Xian JH-7 milik AU China di Pulau Woody di Kepulauan Paracels dalam beberapa hari terakhir.

Juru bicara Komando Pasifik Angkatan Laut AS, Kapten Darryn James membenarkan laporan tersebut namun menekankan bahwa jet-jet tempur China sudah sering mendarat di pulau itu.

Pulau Woody, yang juga diklaim Taiwan dan Vietnam, memiliki landasan udara yang bisa digunakan sejak 1990-an. Tahun lalu landasan itu ditingkatkan kualitasnya agar bisa didarati jet tempur J-11.

"Kami sangat prihatin China mash terus menempatkan persenjataan mutakhir di kawasan sengketa ini," ujar James.

Sementara itu di Beijing, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying tidak membenarkan atau membantah kabar soal jet-jet tempur negeri itu.

Hua hanya mengatakan bahwa aktivitas China di Kepulauan Paracels masih berada dalam batas wilayah kedaulatan negeri tersebut.

"Jika Anda memperhatikan China, apakah Anda juga memperhatikan semua begeri pesisir yang menduduki pulau-pulau dan karang milik China di masa lalu, mengerahkan radar lalu alat perang canggih di sana?" tanya Hua.

Kabar ini muncul bersamaan ketika Menlu AS John Kerry menerima Menlu China Wang Yi di Washington DC.

"Wang dijadwalkan mengunjungi Pentagon pada Selasa pagi namun batal karena terjadi 'benturan jadwal'," ujar seorang pejabat Kemenlu AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com