Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

30 Negara Koalisi Anti-ISIS Bertemu di Kuwait

Kompas.com - 22/02/2016, 19:55 WIB
KUWAIT CITY, KOMPAS.com - Para komandan militer dari 30 negara yang memerangi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) bertemu di Kuwait, Senin (22/2/2016), untuk mendiskusikan cara terbaik untuk menaklukkan kelompok itu.

Panglima angkatan bersenjata Kuwait, Jenderal Mohammad al-Khader mendesak peningkatan upaya untuk mengalahkan ISIS di seluruh dunia.

"Kita sebagai pemimpin militer, memiliki tanggung jawab untuk menggandakan upaya dan menciptakan rencana tepat untuk memusnahkan semua kelompok teroris yang mengancam banyak negara di dunia," ujar Khader.

Pertemuan itu digelar di bawah pengamanan ketat dan tertutup bagi para jurnalis, kecuali para fotografer yang diizinkan untuk mengambil sejumlah gambar.

Dalam pertemuan di Kuwait ini sejumlah negara besar hadir termasuk AS, Inggris, Perancis, Irak, Mesir, Arab Saudi dan Uni Emirat Arab.

Koalisi ini sudah melancarkan lebih dari 10.000 serangan udara melawan ISIS, namun kelompok itu masih menguasai sebagian wilayah Irak dan Suriah serta meluaskan jangkauan mereka di Libya.

Pertemuan ini digelar kurang dari dua pekan setelah para menteri pertahanan dari 66 negara yang tergabung dalam koalisi melawan ISIS bertemu di Brussels, Belgia.

Di sana, para menteri pertahanan itu berjanji akan meningkatkan kampanye militer mereka melawan ISIS yang menguasai sebagian wilayah Irak dan Suriah itu.

Dalam pertemuan di Brussels juga, pemerintah Arab Saudi dan Uni Emirat Arab berjanji untuk kembali melakukan serangan udara di Suriah.

Selama ini, operasi serangan udara ini terbengkalai karena Arab Saudi disibukkan perang melawan pemberontak Yaman dukungan Iran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com