Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Traktor Revolusioner Mahasiswa India Menang di Detroit

Kompas.com - 22/02/2016, 16:56 WIB
DETROIT, KOMPAS.com - Rancangan kendaraan yang revolusioner, yang keluar dari kaidah-kaidah konvensional, kadang memang tidak keluar dari rumah desain kenamaan.

Ini dibuktikan dengan juara lomba Michelin Challenge Design yang dipamerkan di ajang pameran mobil di Detroit, Amerika Serikat.

Seperti dilansir BBC Indonesia, Senin (22/2/2016), juara desain ini adalah traktor unik hasil rancangan satu tim mahasiswa India yang dipimpin Rajshekhar Dass.

Traktor ini terdiri dari dua bagian utama. Bagian depan adalah motor penggerak yang dilengkapi lampu besar.

Bukan sembarang lampu, karena bisa dicopot untuk menjadi lampu penerang rumah. Di desa-desa pelosok India, fitur jelas sangat bermanfaat.

Bagian belakang traktor memiliki banyak fungsi. Bagian ini tentu saja bisa dimanfaatkan untuk mengangkut hasil panen, tapi juga bisa difungsikan sebagai warung atau kios. Selain itu, bagian ini bisa diubah sebagai mobil penumpang.

Dengan kata lain, di sela-sela menekuni pekerjaan sebagai petani, pemilik traktor bisa menjadi sopir taksi untuk menambah penghasilan.

Yang, membuat para juri kagum adalah, traktor ini terhubungkan dengan internet dengan memanfaatkan proyek Google, Project Loon.

Dalam situasi darurat, internet ini sangat penting ketika traktor ini dialihfungsikan menjadi ambulans.

Rancangan traktor karya Dass ini tak terkait dengan Google, Namun, yang membuat dewan juri "jatuh hati" adalah inisiatif Dass dan kawan-kawannya untuk memanfaatkan inisiatif atau skema semacam Project Loon, agar manfaat skema ini bisa dimaksimalkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com