Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Serukan Setahun Moratorium Hukuman Mati

Kompas.com - 22/02/2016, 11:08 WIB
VATIKAN, KOMPAS.com — Paus Fransiskus kembali menyerukan pengakhiran penerapan hukuman mati di dunia. Kali ini, Paus meminta para pemimpin untuk menerapkan moratorium penerapan hukuman mati selama satu tahun.

Seruan itu merupakan bagian dari "Tahun Suci Belas Kasihan" dan disampaikan saat memberikan khotbah Minggu di St Peter's Square, Vatikan, Minggu (21/2/2016).

"Saya mengetuk hati nurani para pembuat keputusan agar kita semua dapat mencapai suatu konsensus bersama dalam hal penghapusan hukuman mati di muka bumi," kata Paus seperti dilansir CNN. 

"Saya pun mendorong ini kepada mereka (negara dengan pemeluk Katolik) untuk bersikap berani dan menjadi teladan. Mari menerapkan moratorium hukuman mati pada tahun suci ini," kata Paus lagi.

Sebelumnya, Paus telah meluncurkan pelaksanaan Tahun Suci Belas Kasihan ini pada tanggal 8 Desember lalu.

Gereja Katolik mendorong pemberian belas kasihan dan pengampunan sepanjang tahun suci yang akan berlangsung hingga 20 November mendatang. Pada tanggal itulah akan dirayakan Pesta Kristus Raja. 

Paus menyuarakan seruan itu terkait konferensi internasional "A World Without the Death Penalty" yang akan mengambil tempat di Roma mulai Senin (22/2/2012).

Paus berharap konferensi itu akan mendatangkan energi baru bagi semua pihak untuk mengakhiri penerapan jenis hukuman itu.

"Salah satu perintah Allah menyebutkan, 'Jangan membunuh'. Perintah itu mempunyai nilai absolut tidak hanya bagi yang tak berdosa, tetapi juga bagi mereka yang bersalah," kata Paus. 

Seruan Paus Fransiskus ini pun pernah diungkapkan Paus Benediktus XVI dan Paus Yohanes Paulus II.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com