Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beberapa Pekan Mendatang, Obama Akan Kunjungi Kuba

Kompas.com - 18/02/2016, 13:37 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Barack Obama pada Kamis (18/2/2016) pagi waktu setempat, akan mengumumkan jadwal kunjungan bersejarah ke Kuba beberapa pekan mendatang.

Ini akan menjadi kunjungan pertama seorang Presiden AS ke Kuba sejak pecahnya Revolusi 1959 yang mengantarkan Fidel Castro ke tampuk kekuasaan.

Presiden terakhir AS yang berkunjung ke negeri yang dikenal dengan cerutunya itu adalah Calvin Coolidge pada 1928.

Di saat-saat terakhir masa jabatannya, Obama menyampaikan dia sangat menantikan kunjungan ke Kuba.

Dia melihat berakhirnya kebijakan AS mengisolasi Kuba selama lima dekade terakhir adalah sebuah prestasi pemerintahannya.

"Pemerintah akan mengumumkan jadwal kunjungan presiden ke Amerika Latin, termasuk Kuba, beberapa pekan mendatang," demikian seorang pejabat AS yang tak mau disebutkan namanya.

AS dan Kuba memulihkan hubungan diplomatik mereka pada Juli lalu, setelah sebuah pertemuan bersejarah antara Obama dan Presiden Kuba Raul Castro pada Desember lalu.

Pemerintahan Obama sedang fokus pada perubahan regulasi yang akan mempermudah perjalanan dan perdagangan antara kedua negara, yang memiliki banyak kedekatan.

Sebanyak 1,8 juta warga keturunan Kuba tinggal di AS. Sementara Kuba sendiri memiliki penduduk sebanyak 11 juta jiwa.

Selasa lalu, pemerintah AS dan Kuba meneken kesepakatan terkait izin penerbangan pesawat komersial AS ke Kuba untuk pertama kalinya dalam 50 tahun terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com