Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Paus Fransiskus Kena Serangan Laser di Meksiko

Kompas.com - 18/02/2016, 08:07 WIB
MEXICO CITY, KOMPAS.com - Kabar mengejutkan muncul di penghujung rangkaian kunjungan Paus Fransiskus ke Meksiko yang berlangsung selama lima hari, sejak akhir pekan lalu.

Diberitakan DailyMail, Rabu (17/2/2016), Airbus A330-202 yang mengangkut Pemimpin Umat Katolik sedunia itu mendapat serangan laser saat mendekati bandara di Mexico City, Jumat lalu.

Pesawat dengan nomor penerbangan AZ4000 sedang melintasi ketinggian 8.000 kaki, ketika Kapten Massimiliano Marselli melaporkan ada serangan laser ke arah pesawat kepada pengawas lalulintas udara setempat.

Pilot menyebutkan ada sinar laser berwarna hijau. Berdasarkan rekaman suara di kokpit yang diungkap Airlive.net, diketahui pesawat mendapat serangan laser yang datang dari arah pukul 12.00 terhadap posisi pesawat, berjarak jarak sekitar 15 mil.

Pesawat lepas landas dari Havana, Kuba menuju Meksiko. Paus melakukan kunjungan selama lima hari di Meksiko dan akan berakhir, hari ini Kamis (18/2/2016) WIB.

"Kru pesawat dari maskapai Alitalia dengan nomor penerbangan AZ4000 pada jumat 12 Februari mendapati serangan laser yang datang dari daratan," kata jurubicara Alitalia yang tak disebutkan namanya.

Menurut jurubicara itu, serangan serupa juga dialami dua pesawat lain yang mendarat di bandara Mexico City, setelah AZ4000. Kedua pesawat itu adalah United 821 dan KLM 685 yang mendapat serangan dari lokasi yang sama.

Namun, demikian dipastikan serangan laser itu tak menyebabkan kecelakaan dan tak menimbulkan korban. Paus Fransiskus pun telah melakukan serangkaian kegiatan di Meksiko dengan mengunjungi kawasan- kawasan yang rawan dengan kriminalitas dan peredaran narkoba.

Disebutkan pula, Paus memang memilih menggunakan Maskapai Alitalia. Pesawat penumpang Airbus 330-202 itu berusia empat tahun dan dioperasikan oleh ALC Blarney Aircraft LImited yang berpusat di Dublin.

Serangan laser ini terjadi setelah sebelumnya serangan serupa terjadi pada pesawat Virgin Atlantic yang lepas landas dari Bandara Heathrow, London, awal pekan ini.

Pesawat yang seharusnya terbang menuju New York, Amerika Serikat itu harus kembali ke London, karena pilot mengalami gangguan medis menyusul insiden tersebut. (Baca: Kokpit Disorot Laser, Pesawat Virgin Atlantic Batalkan Penerbangan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com