Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhiri Kunjungan di Meksiko, Paus Gelar Misa Besar di Perbatasan El Paso-Texas

Kompas.com - 18/02/2016, 06:03 WIB
KOMPAS.com - Paus Fransiskus akan mengakhiri kunjungannya ke Meksiko pada Rabu (17/2/2016) waktu setempat. 

Paus dijadwalkan akan melangsungkan misa skala besar yang akan disaksikan oleh warga di Ciudad Juarez dan warga yang berada di seberang perbatasan di El Paso, Texas.

Paus diperkirakan akan berbicara mengenai nasib para buruh migran. Sebab, banyak di antara warga di tempat itu memilih meninggalkan Meksiko, untuk mencari penghidupan yang lebih baik di AS. 

Selain itu, kekerasan terkait narkoba pun diperkirakan akan menjadi sorotan Paus, seperti halnya kunjungan dia di kota-kota sebelumnya. WIlayah ini dikenal sangat parah dalam peredaran narkoba dan terletak dekat perbatasan.

Ibadah lintas perbatasan itu pun memiliki arti khusus, mengingat populernya isu imigran ilegal dalam pemilu Presiden AS.

Misa ini diperkirakan akan menarik kunjungan ribuan penganut Katolik Roma, ke sebuah stadion di Ciudad Juarez, dan ribuan lainnya dari kota di seberang perbatasan El Paso, Texas.

Selanjutnya, Paus di hari yang sama, akan bertemu sejumlah buruh di negara bagian Chihuahua, dan mengunjungi sebuah penjara di Ciudad Juarez.

Selasa (16/2/2016) kemarin, Paus melangsungkan misi bagi pastor, biarawati, dan siswa seminari di negara bagian Michoacan, yang merupakan pusat penyelundupan narkoba negara itu.

Dalam kesempatan itu Paus mendesak para jemaatnya untuk terus memerangi kekerasan terkait narkoba dan ketidakadilan.

Juga hari Selasa di Michoacan, paus melangsungkan misa bagi orang-orang muda dan mendesak mereka untuk berani memimpikan hidup bebas dari kejahatan dan kekerasan, dan menyebut mereka sebagai kekayaan negara itu.  (Baca: Paus Fransiskus: Jangan Menyerah, Teruslah Bermimpi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com