Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Un Diledek Pakai Satu Set Emoticon

Kompas.com - 15/02/2016, 06:03 WIB
HOUSTON, KOMPAS.com - Banyak cara yang bisa dilakukan orang untuk melontarkan kritik atas sesuatu yang dianggap mengganggu atau tak disukainya. Begitu pula dengan Ben Gillin, seorang desainer web berbasis Houston, Amerika Serikat.

Gillin merasa pemerintahan di Korea Utara adalah bentuk pelanggaran terhadap hak asasi manusia yang membutuhkan perhatian dari dunia. Dengan keahliannya, dia lantas menciptakan satu set emoji yang isinya meledek rezim Kim Jong Un.

Aplikasi yang diberi nama "Kimunji" itu berisi wajah kartun Kim Jong Un, juga wajah ayah dan kekeknya, ayah Kim Jong Il dan Kim Il Sung.

Selain itu, adapula wajah bintang bola basket NBA dari Chicago Bulls di era Michael Jordan, Dennis Rodman. Rodman disebut sebagai sahabat bagi Un, dan sudah berkali-kali mengunjungi Korea Utara.

"Kimunji" juga dilengkapi dengan emoticon berupa roket dan peluru kendali, serta lambang ledakan bom.

"Semua ikon itu mewakili berita dan beragam ketakutan yang muncul ketika mendengar nama Korea Utara," kata Gillin.

"Itu permasalah yang sangat serius," kata dia seperti dilansir situs berita BBC, akhir pekan lalu. 

"Jika gurauan saya dalam aplikasi ini bisa menarik perhatian orang, baik yang serius atau yang bercanda, setidaknya saya bisa membuat mata dunia 'melihat' ke Korea Utara," ungkap Gillin lagi.

Ledek Kim Kardashian
Gillin mengaku mendapat inspirasi untuk membuat aplikasi ini setelah melihat aplikasi Kimoji milik pesohor Kim Kardashian.

Dalam aplikasi yang dijual di App Store tersebut, terdapat lebih dari 500 ikon yang menunjukkan Kardashian, tidak hanya dari wajah, tapi bagian-bagian tubuh seksi lain yang menurut Gillin tak senonoh.

Anehnya, aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi terlaris di AppStore tahun lalu. "Konten aplikasi itu mengerikan. Saya membayangkan jika aplikasi itu dipakai oleh anak kecil, dan lalu meniru gaya Kim Kardashian tersebut," ungkap dia. 

Lalu, ide muncul ketika dia mendengar Kardashian telah merilis update untuk aplikasinya. Pada waktu yang hampir bersamaan, Pyongyang mengumumkan telah meluncurkan satelit dengan roket jarak jauh yang melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB.

Gillin dan sang istri lalu membayangkan hal lucu jika wajah dan profil Kim Jong Un dipakai dengan cara yang sama seperti Kim Kardashian "menjual diri" nya di aplikasi tadi.

Akhirnya, Gillin menghabiskan waktu empat jam untuk merampungkan seluruh emoticon yang terkait dengan Un dan Korea Utara itu. Ide nama Kimunji pun muncul dari nama aplikasi Kim Kimoji tadi.

Saat ditanya bagaimana jika Kim Kardashia marah akibat ulahnya, Gillin malah berujar, "hal itu tentu akan sangat lucu dan sama sekali tidak menakutkan."

"Tapi saya yakin, mereka tak mau menghabiskan waktu untuk hal yang justru hanya akan mengganggu bisnis mereka," sambung Gillin.

Aplikasi Kimunji bisa diunduh gratis melalui laman www.kimunji.online

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com