Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Anggap Meksiko Terkena "Kanker" Narkoba

Kompas.com - 14/02/2016, 13:15 WIB
KOMPAS.com — Paus Fransiskus mendesak agar pemimpin Meksiko menerapkan "keadilan yang sesungguhnya" terhadap warga yang mengalami kekerasan kejahatan narkoba di negara tersebut.

Dalam pidatonya, Paus memperingatkan bahwa masyarakat yang dikendalikan oleh ketamakan dan sikap mementingkan diri sendiri merupakan lahan bagi korupsi, kekerasan, dan perdagangan narkoba.

Paus Fransiskus mengatakan bahwa skala masalah narkoba ini membuat gereja tidak dapat bersembunyi dari masalah itu dan mendesak uskup Meksiko untuk mengatasi masalah ini.

Berbicara pada hari pertama dalam kunjungan lima hari ke Meksiko, dia mengatakan perdagangan narkoba merupakan sebuah "kanker" yang dapat menelan dan menghancurkan masyarakat Meksiko.

Dia juga mengatakan, gereja Katolik di Meksiko harus melakukan sesuatu dan tak hanya sekadar mengecam perdagangan narkoba.

Sebelumnya, Paus dan pemimpin Ortodok Patriarch Kirill mendesak untuk memulihkan persatuan umat Kristen dalam pembicaraan di Kuba.

Pertemuan antara seorang Paus dan pemimpin gereja Rusia merupakan yang pertama kali sejak Kristiani di Barat dan Timur terpecah pada abad ke-11.

National Palace menggelar karpet merah untuk menyambut kedatangan Paus Fransiskus, yang juga untuk pertama kalinya seorang Paus diterima di sana.

Sabtu malam lalu, Paus memimpin misa di Gereja Basilica Perawan Guadalupe di hadapan puluhan ribu orang. Di Gereja Basilica ini terdapat gambar Perawan Maria yang berkulit gelap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com