Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selingkuh dengan Model Bikini, Politikus Jepang Mengundurkan Diri

Kompas.com - 13/02/2016, 07:00 WIB
TOKYO, KOMPAS.com - Seorang politikus Jepang mengundurkan diri dari jabatannya, Jumat (12/2/2016), setelah mengaku selingkuh dengan model bikini saat istrinya hamil.

Kensuke Miyazaki (35) awalnya sempat membuat kegaduhan saat dia meminta cuti satu bulan untuk membantu istrinya yang saat itu tengah hamil. Ini merupakan kasus pertama bagi anggota parlemen laki-laki Jepang dalam budaya politik konservatif Jepang.

Permintaannya tersebut memicu kritik dari beberapa politikus di dalam negeri karena jarang ada ayah yang mengambil cuti untuk merawat anak-anaknya.

Miyazaki telah memperoleh dukungan Perdana Menteri Shinzo Abe yang mendukung ide terobosannya itu.

Pada Jumat, anggota Dewan dari Partai Demokratik Liberal yang memerintah itu mengumumkan pengunduran diri setelah sebuah majalah mingguan mengungkap perselingkuhannya dengan perempuan berusia 34 tahun ketika keduanya berada di Kyoto, daerah pemilihannya.

Mereka bertemu saat perempuan yang juga adalah penata gaya profesional untuk kimono itu membantu Miyazaki dan politikus lain mengenakan pakaian resmi tersebut untuk pembukaan parlemen Jepang bulan lalu.

Hubungan seksual terjadi beberapa hari setelah istri Miyazaki, Megumi Kaneko, yang sama-sama politikus, melahirkan anak pertamanya.

"Saya telah melakukan tindakan jahat terhadap istri saya," kata Miyazaki dalam konferensi pers yang disiarkan televisi secara nasional tersebut.

"Saya sangat, sangat, sangat menyesal bahwa bahwa apa yang telah saya dorong (cuti bagi ayah untuk merawat anak) bertentangan dengan tindakan kecerobohan saya. Oleh karena itu, saya putuskan untuk berhenti."

Cuti ayah untuk merawat anak jarang terjadi di Jepang karena hanya sekitar 2,3 persen dari pria yang bekerja di perusahaan swasta mengambil keputusan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com