Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Negara-negara yang Terlibat di Suriah Setuju Hentikan Permusuhan

Kompas.com - 12/02/2016, 20:47 WIB
KOMPAS.com - Sejumlah negara utama di dunia setuju untuk menghentikan permusuhan dan segera mengirimkan bantuan darurat ke Suriah, demikian diumumkan Menteri Luar Negeri AS John Kerry, Jumat (12/2/2016).

Kerry berbicara dalam sebuah pertemuan yang dihadiri diplomat dari belasan negara, termasuk Amerika Serikat dan Rusia di Munich, Jerman, untuk mengukuhkan sebuah kesepakatan.

"Saya senang untuk mengatakan bahwa sebagaimana hasil pertemuan di Munich hari ini, kami yakin kami membuat kemajuan pada sisi kemanusiaan dan penghentian permusuhan, dan dua hal ini ... berpotensi dapat mengubah kehidupan sehari-hari rakyat Suriah," kata Kerry.

"Pertama, kami setuju untuk mempercepat dan segera memulai pengiriman bantuan kemanusiaan," tandas dia.

Lalu, yang kedua, lanjut Kerry, negara-negara yang terlibat di Suriah setuju untuk memulai penghentian permusuhan. Hal itu segera akan dicapai minggu-minggu ini.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu melalui akun Twitter miliknya menyatakan bahwa "menghentikan serangan udara" adalah hal paling penting.

Menurut dia, kesepakatan menghentikan permusuhan memang merupakan langkah penting. Namun apa yang paling penting untuk segera dilakukan sekarang adalah menghentikan serangan udara, menghentikan serangan yang menyasar warga sipil dan memberikan akses bagi bantuan kemanusiaan.

Pada Kamis lalu, Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov dalam pertemuan di Munich menyatakan pihaknya tetap akan melanjutkan serangan udara terhadap ISIS, Jebhat al-Nusra dan afiliasi kelompok teroris lainnya karena perdamaian tidak berlaku bagi mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com