Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Australia Mundur Setelah Perjalanan Kontroversial ke China

Kompas.com - 12/02/2016, 14:49 WIB
KOMPAS.com — Menteri Sumber Daya Manusia Australia Stuart Robert mengundurkan diri dari kabinet setelah adanya penyelidikan internal mengenai kunjungannya yang kontroversial ke China pada tahun 2014.

Menurut laporan yang diterima oleh ABC, pengunduran diri tersebut semakin memperumit pergantian kabinet yang akan dilakukan Perdana Menteri Malcolm Turnbull, yang diperkirakan akan terjadi pada akhir pekan.

PM Turnbull akan melakukan perombakan kabinet karena sebelumnya Menteri Perdagangan Andrew Robb sudah menyatakan tidak akan mencalonkan diri lagi dalam pemilu mendatang.

Wakil perdana menteri sebelumnya, Warren Truss, juga menyatakan hal yang sama, dan posisinya sebagai Ketua Partai Nasional sudah digantikan oleh Barnaby Joyce.

Berkenaan dengan Stuart Robert, partai oposisi, yaitu Partai Buruh, sudah menyerukan agar Robert mengundurkan diri atau dipecat.

Robert berkunjung ke China pada tahun 2014. Saat itu, dia menghadiri upacara penandatanganan perjanjian di bidang mineral antara perusahaan Australia, Nimrod Resources, dan sebuah perusahaan China.

Pihak oposisi mengatakan, perjalanan itu tidak pantas dilakukan karena Presiden Komisaris Nimrod Paul Marks adalah donor besar bagi Partai Liberal.

Robert juga bertemu dengan pejabat China dalam kunjungan tersebut.

PM Turnbull kemudian meminta agar penyelidikan internal diadakan beberapa hari lalu, dan meminta Sekretaris Departeman Perdana Menteri dan Kabinet, Martin Parkinson, untuk mempertimbangkan tindakan yang dilakukan Robert.

Robert sebelumnya mengatakan, dia melakukan perjalanan ke China dalam kapasitas pribadi dan bukan menjadi wakil pemerintah. Robert yakin bahwa dia tidak bertindak di luar kewajaran.

Menurut keterangan yang diperoleh ABC, Robert juga disebutkan menggunakan kantornya untuk kegiatan pengumpulan dana.

Hari Kamis, Departemen Luar Negeri dan Perdagangan (DFAT) mengatakan, pejabat China percaya bahwa ketika mengadakan pertemuan dengan Robert, menteri itu bertindak dalam kapasitas resmi ketika dia berkunjung ke Beijing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com