Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ISIS Bisa Manfaatkan Libya untuk Menyerang Eropa

Kompas.com - 12/02/2016, 13:00 WIB
KOMPAS.com - Para pejabat badan-badan antiteror di Eropa makin khawatir dengan semakin besarnya kelompok yang menamakan diri Negara Islam (ISIS) di Libya.

Dari sisi geografis, Libya jauh lebih dekat ke Eropa dibandingkan dua "wilayah kekuasaan" ISIS, Raqqa dan Mosul, yang masing-masing terletak di Suriah dan Irak.

Negara-negara di Eropa, Inggris misalnya, khawatir ISIS akan menggunakan Libya sebagai batu loncatan untuk melakukan serangan di Eropa daratan, kata wartawan keamanan BBC, Frank Gardner.

Tetapi apakah klaim dari para pejabat keamanan ini beralasan?

Klaim bahwa ISIS makin besar di Libya bisa dipahami karena dilaporkan banyak milisi dan komandan ISIS yang meninggalkan Suriah seiring dengan makin gencarnya serangan udara koalisi Barat di Suriah.

Saat ini jumlah milisi ISIS di Libya diperkirakan antara 4.000 hingga 6.000 orang. Kelompok ini juga diyakini aktif merekrut milisi baru dari negara-negara tetangga Libya.

Tiadanya pemerintahan yang efektif membuat ISIS leluasa merekrut pendukung, menggelar latihan, membesarkan organisasi, dan merencanakan serangan.

Hanya soal waktu

Tidak hanya itu. Situasi keamanan yang belum sepenuhnya stabil membuat ISIS mudah mendapatkan persenjataan di negara ini.

Namun upaya masuk ke Eropa melalui Libya tidak akan mudah.

Di sisi perbatasan barat laut, pemerintah Tunisia baru saja merampungkan bagian pertama pagar keamanan yang ditujukan mencegah serangan besar seperti yang terjadi di Tunis dan Sousse tahun lalu.

Sedang di perbatasan barat dan barat daya ada garis batas sepanjang 989 kilometer, tetapi negara tetangga Aljazair sudah mengetatkan perbatasan dan menempatkan aparat keamanan tambahan.

Di sisi timur, pemerintah Mesir bahkan mengerahkan helikopter Apache untuk memastikan tidak ada milisi ISIS yang meninggalkan Libya melalui perbatasan Mesir.

Dan di sebelah utara adalah Laut Mediterania, rute yang jelas tidak mudah dipakai oleh ISIS untuk masuk ke Eropa.

Meski di atas kertas sulit bagi milisi ISIS di Libya masuk ke Eropa, para pejabat Eropa tetap saja khawatir karena bagi mereka aksi ISIS di Eropa 'hanya soal waktu' saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com