Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Minta Warga Korsel Segera Tinggalkan Kaesong

Kompas.com - 12/02/2016, 04:57 WIB
KOMPAS.com - Korea Utara memerintahkan semua warga Korea Selatan segera meninggalkan kawasan industri gabungan Kaesong dan menyita semua material yang ditinggalkan di kompleks tersebut, Kamis (11/2/2016).

Pengumuman Komite Penyatuan Damai Korea itu dibuat menyusul keputusan Seoul pada Rabu (10/2/2016) untuk menutup kegiatannya di Kaesong sebagai hukuman atas uji nuklir dan peluncuran roket jarak jauh Korut baru-baru ini (Baca juga: Korut Luncurkan Roket, Korsel Tunda Kerja Sama Industri).

Dalam pernyataan yang dimuat kantor berita resmi KCNA, komite tersebut mengatakan menutup Kaesong dan menyatakan kawasan tersebut sebagai kawasan militer.

Komite itu juga mengumumkan pemutusan semua hubungan kemiliteran dengan Korsel, termasuk jalur utama melewati desa gencatan senjata di perbatasan Panmunjom.

Komite tersebut tidak menjelaskan berapa lama pemutusan hubungan itu akan berlangsung.

"Pasukan musuh Korea Selatan akan merasakan sendiri harga mahal dan menyakitkan yang harus dibayarkan karena menghentikan kompleks industri Kaesong," bunyi pernyataan tersebut.

Seluruh warga Korsel diperintahkan meninggalkan Kaesong hingga batas waktu pukul 17.00 waktu Pyongyang dan hanya dibolehkan membawa barang milik pribadi.

"Kami menyita semua aset perusahaan Korsel dan lembaga terkait, termasuk mesin, bahan mentah dan barang," demikian pernyataan tertulis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com