Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seekor Laba-laba di Australia Mampu Bunuh Ular Satu Meter

Kompas.com - 11/02/2016, 17:07 WIB
KOMPAS.com — Seekor laba-laba dari jenis yang berkaki panjang berhasil menaklukkan seekor ular ukuran satu meter, dan ular yang telah mati tersebut akhirnya didapati petani telah tergantung di jaring laba-laba.

Patrick Lees, petani yang juga fotografer asal Riverina, New South Wales, Australia, menemukan ular tersebut hari Sabtu (6/2/2016).

Dia pun langsung mengabadikan apa yang tampaknya bukan peristiwa yang sering terjadi.

Lees mengaku baru pertama kali melihat kejadian seperti ini. "Saya pernah mendengarnya, tetapi baru kali ini melihatnya sendiri," ujarnya.

Dia memutuskan untuk membiarkan saja ular yang telah mati itu tergantung di jaring laba-laba. Pasalnya, "Saya tidak mau merusak kemenangan yang berhasil diraih sang laba-laba," katanya.

Menurut Graham Milledge dari Australian Museum, meskipun tidak jelas bagaimana ular itu mati, tetapi besar kemungkinan pelakunya adalah sang laba-laba.

"Skenario paling masuk akal adalah, ular itu tadinya terjerat di jaring laba-laba. Laba-laba itu pun kemudian langsung membungkus sang ular lalu menggigitnya," jelas Milledge.

Australian Museum memasukkan jenis laba-laba berkaki panjang ini sebagai karnivor dan hewan pemangsa. Namun, bisa laba-laba ini sebenarnya tidaklah sebahaya yang selama ini dipercaya.

Foto Lees ini kemudian mengundang petani lainnya untuk berbagi foto lainnya, termasuk Lauren Donaldson dari West Wyalong. Dia memotret laba-laba yang membungkus tikus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com