Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korsel Rilis Foto Pertama Puing-puing Roket Korea Utara

Kompas.com - 09/02/2016, 18:24 WIB
KOMPAS.com — Korea Selatan merilis foto pertama puing yang diyakini dari roket jarak jauh yang diluncurkan oleh Korea Utara pada Minggu (7/2/2016) kemarin.

Potongan-potongan roket ditarik dari laut di barat daya Kepulauan Jeju sesaat setelah Pyongyang mengumumkan telah berhasil meluncurkan satelit pemantau bumi Kwangmyongsong-4 ke orbit.

Sekitar 270 benda ditemukan lagi dari laut dan sedang diteliti. Demikian kata Korea Selatan.

Sejumlah pejabat Korea Selatan mengatakan, potongan roket itu menunjukkan bahwa roket tahap pertama dilengkapi perangkat yang meledak sendiri. Tidak seperti peluncuran sebelumnya pada Desember 2012, beberapa potongan besar roket ditemukan.

Korea Utara ngotot meluncurkan sebuah roket kendati dikecam sejumlah negara yang mengklaim bahwa peluncuran satelit itu merupakan sebuah awal untuk uji coba rudal jarak jauh.

Namun, Korea Utara bersikukuh bahwa peluncuran tersebut untuk tujuan ilmiah dan damai.

Tak berfungsi dengan baik

Sementara itu, pejabat senior Kementerian Pertahanan Amerika Serikat kepada CNN, Senin (1/2/2016), mengatakan, satelit milik Korea Utara "jatuh di orbit" dan tak dapat berfungsi dengan baik.

Korea Selatan juga menganggap satelit negara tetangganya itu kurang bagus, bahkan tidak ada sinyal yang diterima dari satelit tersebut.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com