Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karpet Merah untuk Mobil Presiden Mesir Dikecam

Kompas.com - 09/02/2016, 14:16 WIB
KAIRO, KOMPAS.com - Penggunaan karpet merah untuk iring-iringan kendaraan Presiden Abdul Fattah al-Sisi memicu kecaman di Mesir.

Kendaraan yang membawa Al-Sisi dan sejumlah pejabat dikemudikan di atas karpet merah pada Sabtu (6/2/2016) saat mengunjungi sejumlah proyek di ibu kota Kairo.

Beberapa komentator mempertanyakan kemewahan tersebut karena presiden menyampaikan pidato tentang perlunya memotong subsidi pemerintah.

Pihak militer mengatakan karpet tersebut digunakan untuk rakyat Mesir agar merasakan kebahagiaan.

Kecaman terhadap Al-Sisi, mantan panglima militer yang memimpin penggulingan Presiden Mohammed Morsi pada tahun 2013, jarang dilaporkan media umum Mesir.

Tetapi sejumlah tokoh media dan aktivis mengejek kenyataan tentang foto iring-iringan kendaraan presiden di atas jalan yang ditutup permadani merah, yang disiarkan tidak lama sebelum Al-Sisi menyampaikan pidato.

Lewat pidatonya, dia malah memperingatkan bahwa negara tidak bisa melanjutkan subsidi air dan listrik bagi keluarga berpenghasilan rendah.

Wakil pimpinan bagian masalah moral militer, Brigadir Ihab al-Qahwaji, menekankan bahwa karpet tersebut hanya terbuat kain tipis dan sudah digunakan selama lebih tiga tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com