Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Migran Terbalik di Turki, Sedikitnya 35 Orang Tewas

Kompas.com - 09/02/2016, 10:42 WIB
ISTANBUL, KOMPAS.com — Dua kapal yang sedang dalam perjalanan ke Yunani terbalik di dekat pantai Turki sehingga menewaskan paling tidak 35 migran.

Kantor berita Anadolu dan Dogan melaporkan, 24 orang tewas dekat Pulau Lesbos, Yunani.

Sementara itu, seperti diberitakan Dogan, 11 orang lainnya meninggal dalam kejadian terpisah di lokasi yang lebih ke selatan lagi, dekat Dikili, Provinsi Izmir, Turki.

Sampai tanggal 5 Februari pekan lalu, paling tidak 374 orang tewas ketika dalam perjalanan menuju ke Eropa tahun ini, menurut International Organization for Migration (IOM).

Sebagian besar dari mereka dalam perjalanan ke Yunani dan jalur laut dari Turki ke Yunani adalah yang paling populer di kalangan para pengungsi yang berusaha memasuki Eropa pada tahun 2015.

Dogan melaporkan, sejumlah anak berada di dalam kapal tempat 24 orang tewas. Paling tidak empat orang diselamatkan, lapor koran Hurriyet.

Berita meninggalnya para pengungsi ini muncul bersamaan dengan kunjungan Kanselir Jerman Angela Merkel ke Turki untuk merundingkan cara mengurangi jumlah migran yang menuju Eropa.

Setelah pertemuan dengan Merkel, Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu mengatakan, Jerman dan Turki akan berusaha menggunakan sumber daya NATO di Laut Aegean dan perbatasan Suriah untuk membantu mengatasi gelombang migran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com