Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kanselir Jerman Terkejut Atas Dampak Pengeboman Rusia di Suriah

Kompas.com - 09/02/2016, 09:20 WIB
KOMPAS.com - Kanselir Jerman, Angela Merkel, mengatakan dirinya terkejut atas penderitaan akibat pengeboman Rusia terhadap wilayah penduduk sipil di Suriah dalam beberapa hari terakhir.

Dia berbicara di ibu kota Turki, Ankara, setelah bertemu Perdana Menteri Turki, Ahmet Davutoglu, untuk merundingkan masalah pengungsi di kawasan pada Senin (8/2/2016).

Davutoglu mengatakan Turki dan Jerman telah menyepakati inisiatif diplomatik untuk mencoba menghentikan serangan udara di sekitar kota Aleppo, Suriah.

Kedua pemimpin mengatakan NATO seharusnya terlibat dalam masalah pengungsi, membantu mengamankan pantai Turki dan menghentikan pedagang manusia mengirim migran melakukan perjalanan laut yang berbahaya.

Ketika berlangsung pertemuan kedua pemimpin, dua kapal yang sedang dalam perjalanan ke Yunani terbalik di dekat pantai Turki, sehingga menewaskan paling tidak 27 migran.

Perang saudara di Suriah sampai sejauh ini telah menewaskan 250.000 orang.

Sekitar 4,6 juta orang melarikan diri dari Suriah, sekitar 13,5 juta lainnya memerlukan bantuan kemanusiaan di dalam negara itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com