Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Warga Kolombia Meninggal akibat Virus Zika

Kompas.com - 06/02/2016, 01:45 WIB
BOGOTA, KOMPAS.com - Otoritas Kolombia, Jumat (5/2/2016) menyatakan tiga warganya meninggal dunia setelah terpapar virus Zika.

Akibat terkena virus Zika, ketiganya mengalami gangguan saraf langka yang disebut Guillain-Bare ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sistem saraf.

"Kami telah mengonfirmasikan dan mengaitkan tiga warga yang meninggal dengan Zika," kata kepala Institut Kesehatan Nasional Kolombia, Martha Lucia Ospina.

"Dalam kasus ini, tiga kematian diawal dengan sindrom Gullain-Barre," jelas Ospina.

Di Kolombia, virus Zika menyebar begitu cepat. Lebih dari 2.100 perempuan hamil di negara tersebut terinfeksi virus Zika, yang menular melalui nyamuk.

Virus itu dikaitkan dengan cacat lahir mikrosefali, yang membuat otak janin tidak berkembang sebagaimana mestinya, dan saat ini belum ada vaksin atau pengobatannya.

Ada 20.297 kasus infeksi penyakit itu yang dikonfirmasi di Kolombia dan 2.116 di antaranya terjadi pada perempuan hamil menurut Institut Kesehatan Nasional dalam buletin epidemiologinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com