Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jerman Tangkap Anggota ISIS yang Hendak Serang Berlin

Kompas.com - 05/02/2016, 10:13 WIB
BERLIN, KOMPAS.com — Pasukan keamanan Jerman menangkap dua orang yang dicurigai terkait dengan militan Negara Islam atau ISIS yang sedang mempersiapkan serangan di Berlin.

Polisi dan pasukan khusus Jerman pada Kamis (4/2/2016) kemarin menggerebek empat flat dan dua kantor di ibu kota Jerman itu dan sejumlah properti di wilayah utara North Rhine-Westphalia dan Saxony Bawah.

"(Penggerebekan itu) secara khusus terkait dengan kemungkinan rencana serangan di Jerman, bahkan lebih khusus di Berlin," kata Martin Steltner, juru bicara jaksa penyidik Berlin kepada Reuters TV.

Pria yang ditahan di North-Rhine Westphalia ditangkap di sebuah tempat penampungan para pengungsi dan belum lama tiba di Jerman. Menurut Steltner, pria itu mengaku berasal Suriah.

Masih menurut Steltner, orang itu dicari oleh Pemerintah Aljazair. Dia yakin merupakan anggota ISIS. Pria itu diduga telah mengikuti pelatihan militer di Suriah.

Istri orang tersebut juga ditangkap.

Juru bicara kepolisian Berlin, Stefan Redlich, mengatakan bahwa pihak berwenang sedang menyelidiki tiga orang Aljazair. Satu di antaranya adalah orang yang ditahan di Berlin.

Media Jerman melaporkan, landmark di pusat Berlin dan tempat wisata Checkpoint Charlie dan Alexanderplatz menjadi sasaran dari rencana serangan orang-orang itu.

Koran Tagesspiegel, yang mengutip sumber-sumber keamanan, mengatakan, anggota terkemuka ISIS, yang bertanggung jawab atas serangan Paris yang menewaskan 130 orang pada November lalu, telah memberikan perintah untuk melakukan serangan di Jerman.

Namun, para jaksa penyidik menolak untuk mengomentari laporan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com