Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Obama Kunjungi Masjid di Amerika Serikat

Kompas.com - 04/02/2016, 00:59 WIB
KOMPAS.com - Presiden Barack Obama untuk pertama kalinya akan berkunjung ke masjid di Amerika Serikat, hari Rabu (3/2/2016), yang ditujukan untuk meredam kekhawatiran terhadap Muslim yang disuarakan para politikus Republik, kata Gedung Putih.

Menurut rencana, Presiden Obama akan mendatangi Komunitas Islam Baltimore, organisasi yang mengelola masjid dan sekolah untuk masyarakat Muslim.

Juru bicara Gedung Putih, Josh Ernest, menjelaskan, Presiden Obama ingin menekankan pentingnya kebebasan beragama untuk semua orang, termasuk bagi pemeluk Islam.

"Kami melihat kecenderungan yang mengkhawatirkan, yang keluar dari elemen-elemen di Partai Republik, yang mencoba meminggirkan Muslim Amerika yang patriotis dan taat hukum," kata Ernest kepada para wartawan di Washington.

Bakal calon presiden Republik, Donald Trump, mengusulkan agar semua orang Islam dilarang masuk ke Amerika, setelah pasangan di California dinyatakan sebagai pelaku penembakan yang menewaskan 14 orang Desember lalu.

Para pejabat Amerika mengatakan pasangan ini mengalami radikalisasi dan terpengaruh oleh kelompok yang menamakan diri Negara Islam (ISIS).

Di luar Amerika, Obama pernah berkunjung ke masjid di Jakarta dan Kairo, saat berada di Indonesia dan Mesir beberapa tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com