Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Bakal Calon Presiden AS dari Partai Demokrat

Kompas.com - 02/02/2016, 07:55 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis


KOMPAS.com — Tidak seperti Partai Republik AS yang punya selusin bakal calon presiden (capres), Partai Demokrat hanya punya tiga bakal calon yang bertarung memperebutkan nominasi untuk mencapai Gedung Putih.

Ketiga bakal calon itu adalah mantan Menteri Luar Negeri (Menlu) Hillary Clinton, Senator Vermont Bernie Sanders, dan mantan Gubernur Maryland Martin O’Malley.

Sebenarnya, pada awal musim kampanye, ada dua calon kandidat lain, yaitu mantan Senator Virginia Jim Webb dan mantan Gubernur Rhode Island Lincoln Chafee. Namun, keduanya memilih untuk mengakhiri kampanyenya lebih dini.

Hillary Clinton

Scott Olson, Getty Images Hillary Clinton berbicara di acara politik jamuan makan malam Jefferson-Jackson di Des Moines, Iowa, 24 Oktober 2015
Siapa yang tidak mengenal keluarga Clinton, salah satu dinasti politik paling terkemuka di AS?  Bill Clinton, Presiden ke-42 AS, menjabat sebagai presiden selama dua periode dari tahun 1993-2001.

Sang istri, Hillary Clinton, adalah wajah yang sudah mendominasi perpolitikan Amerika selama puluhan tahun.

Sosok Hillary, lulusan sekolah hukum terkemuka Yale, mulai menyita perhatian publik AS ketika dia "diutus" Bill untuk meloloskan Undang-Undang Jaminan Kesehatan tahun 1994 silam.

Sayangnya, UU tersebut tidak mendapat tanggapan positif Kongres dan akhirnya mati begitu saja.

Hillary kemudian menjadi bulan-bulanan karena dinilai telah melewati batas yang ditentukan dalam menjalankan tugasnya sebagai Ibu Negara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com