Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Kargo Terdampar di Perairan di Pesisir Perancis

Kompas.com - 01/02/2016, 11:00 WIB
PARIS, KOMPAS.com - Sebuah kapal kargo yang terdampar dan oleng saat ini menuju pesisir Perancis, walau ada harapan kapal tersebut bisa ditegakkan sebelum menghantam daratan.

Kapal bernama Modern Express itu mulai oleng pada Selasa (26/1/2016) lalu setelah mengalami kerusakan. Akibatnya, segenap kru yang terdiri dari 22 orang diangkut menggunakan helikopter.

Berbagai upaya untuk menegakkan kapal berbendera Panama itu telah gagal, termasuk mendereknya di tengah ombak tinggi. Namun regu penyelamat akan mencobanya lagi pada Senin ini.

Jika semua usaha gagal, kapal diperkirakan akan menghantam pesisir Prancis pada Senin malam atau Selasa pagi waktu setempat.

Pada Minggu kemarin, pukul 10.00 GMT (atau 17.00 WIB), kapal itu berada 100 kilometer  sebelah barat daya Perancis, antara Kota Bordeaux dan Biarritz.

Laporan surat kabar Sud-Ouest menyebutkan bahwa langkah-langkah darurat akan ditempuh jika kapal mendekati daratan mengingat sekitar 300 ton bahan bakar berada di dalam kapal. Langkah-langkah itu antara lain berupa menampung bahan bakar agar tidak mencemari lautan.

Pada 2002, kapal tanker minyak Prestige karam di perairan bagian utara Spanyol, menumpahkan 50.000 ton minyak dan mencemari ribuan mil pantai.

Modern Express yang memiliki panjang 164 meter memuat 3.600 ton gelondongan kayu dan mesin penggali. Derajat keolengannya berkisar antara 40 dan 50 derajat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com