Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

24 Anggota Kartel Narkoba Sinaloa Ditangkap

Kompas.com - 01/02/2016, 08:51 WIB
KOMPAS.com - Kepolisian Meksiko yang mendapat bantuan dari aparat Amerika Serikat menangkap 24 anggota kelompok kriminal tersohor Sinaloa lewat sebuah operasi perbatasan bersama.

Juru bicara imigrasi Amerika Serikat, Gillian Christensen, mengatakan penangkapan itu merupakan pukulan besar bagi kartel Sinaloa setelah beberapa pekan lalu pemimpinnya, Joaquin Guzman, berhasil ditangkap setelah sempat lari dari penjara selama enam bulan.

"Penangkapan 24 anggota kelompok ini, bersama penyitaan sejumlah senjata dan ratusan kilogram narkotika merupakan pukulan besar bagi kartel Sinaloa," jelasnya.

Operasi gabungan antara Meksiko dan Amerika Serikat berlangsung secara rahasia di Lukeville dan Sonoyta, kota di perbatasan yang berada dalam jalur yang disebut Puerto Penasco.

Kartel Sinaloa yang beroperasi di dekat perbatasan Meksiko dengan negara bagian Arizona, Amerika Serikat, mengelola penyelundupan jutaan dollar narkotika terlarang dan senjata selama bertahun-tahun.

Pemimpinnya, Joaquin Guzman, pria berusia 58 tahun yang dikenal dengan julukan El Chapo atau si Pendek, ditangkap kembali awal Januari.

Menurut majalah bisnis Forbes, Guzman merupakan penyelundup narkotika yang paling berpengaruh di dunia dan kartelnya diperkirakan menguasai sekitar 25 persen dari semua narkotika terlarang yang masuk ke Amerika Serikat melalui Meksiko.

Dewan kota Chicago menjulukinya sebagai 'Musuh Negara Nomor 1' sejak Al Capone, gembong mafia Amerika Serikat yang terkenal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com