Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oposisi Utama Suriah Akan Ikut Perundingan di Geneva

Kompas.com - 30/01/2016, 19:13 WIB
GENEVA, KOMPAS.com - Kelompok oposisi utama Suriah mengatakan akan bergabung dalam perundingan perdamaian yang sudah dimulai di Geneva.

Komite Negosiasi Tingkat Tinggi (HNC) yang didukung oleh Arab Saudi sebelumnya mengatakan hanya akan bergabung jika pasukan pemerintah Suriah menghentikan serangan udara dan pemblokadean mereka.

Utusan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Staffan de Mistura sudah bertemu dengan delegasi pemerintah Suriah di kota di Swiss itu.

Lebih dari 250.000 orang tewas dan 11 juta orang lainnya melarikan diri dari rumah mereka dalam perang yang sudah berlangsung hampir lima tahun di Suriah itu.

Perang saudara di Suriah juga merupakan pendorong terbesar adanya krisis migrasi di Eropa.

Pada hari Sabtu (30/1/2016) sekitar 10 orang pencari suaka, setengahnya adalah anak-anak, dilaporkan tenggelam di Laut Aegean ketika mencoba menyeberang dari Turki ke pulau Lesbos di Yunani.

Perundingan ini diduga akan berlangsung enam bulan, dengan para delegasi duduk di ruangan-ruangan terpisah dan para pejabat PBB pindah dari satu ruang ke ruang lain.

Di antara mereka yang hadir adalah delegasi dari pemerintah Suriah pimpinan Presiden Bashar al-Assad serta mereka yang menentang pemerintahannya, tetapi tidak ada perwakilan dari kelompok militan yang menamakan dirinya Negara Islam atau ISIS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com