Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terima Suap, Pejabat Militer AS Sewa PSK dan Beli Tiket Lady Gaga

Kompas.com - 29/01/2016, 19:37 WIB
KOMPAS.com - Seorang pejabat di Angkatan Laut Amerika Serikat dihadapkan ke pengadilan atas kasus korupsi massif.

Komandan Michael Vannak Khem Misiewicz mengaku bersalah dalam skandal korupsi yang melibatkan kontraktor pertahanan dan belasan personel AL.

Saat diadili di Pengadilan Distrik AS di San Diego, Misiewicz mengaku memberikan informasi rahasia kepada pebisnis Leonard Francis yang ditukar dengan berbagai akomodasi, termasuk biaya plesir, menginap di hotel mewah, menyewa pelacur, dan membeli tiket konser Lady Gaga.

Francis, yang dikenal sebagai "Fat Leonard" di lingkungan AL adalah CEO perusahaan Glenn Davis Marine Asia yang berbasis di Singapura.

Dia menggelembungkan harga jasa pengiriman kapal perang AL AS ke Asia. Francis mengaku bersalah atas tuduhan korupsi berdasarkan hasil investigasi Departemen Kehakiman awal Januari tahun ini.

Informasi rahasia yang diterima Francis dari Misiewicz termasuk pergerakan kapal yang memberikan informasi soal kunjungan-kunjungan kapal perang AS ke lokasi tempat beroperasinya perusahaan Glenn Davis Marine Asia.

"Terima suap dengan liburan mewah, hadiah dan biaya lainnya, Komandan Misiewicz telah mengkhianati sumpahnya, laki-laki dan perempuan Angkatan Laut Amerika Serikat dan pembayar pajak Amerika, dengan mengarahkan kontrak-kontrak pemerintah yang menguntungkan untuk pemberi suapnya," kata Asisten Jaksa Agung, Leslie Caldwell dalam pernyataannya.

Misiewicz, tentara AS kelahiran Kamboja, mengawali karir cemerlangnya menjadi komandan USS Mustin. Dia kemudian ditunjuk menjadi deputi pejabat operasi untuk Komandan AS Armada Ketujuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com