Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebuah Pemerintah Kota di Australia Dibekukan Terkait Tudingan Kolusi

Kompas.com - 27/01/2016, 12:08 WIB
SIDNEY, KOMPAS.com - Operasional Pemerintah Kota Auburn di pinggiran Sydney, Australia, dibekukan Pemerintah Negara Bagian New South Wales (NSW) menyusul tuduhan banyaknya kasus kolusi yang dilakukan para pejabat setempat.

Menteri Urusan Pemerintahan Lokal NSW Paul Toole memutuskan menghentikan segala aktivitas Pemkot Auburn selama berlangsungnya penyelidikan atas penyalahgunaan kekuasaan oleh pejabat-pejabat Auburn.

Dalam keputusan yang dikeluarkan pekan lalu, disebutkan bahwa sejumlah pejabat telah mempergunakan kewenangannya untuk menerbitkan izin mendirikan bangunan (IMB) yang menguntungkan pejabat bersangkutan.

Pemberian IMB oleh Pemkot Auburn juga diwarnai kolusi dengan mengutamakan perusahaan yang terkait dengan pejabat, teman dekat atau anggota keluarganya.

Menteri Toole menegaskan, pihaknya menjatuhkan skorsing kepada seluruh anggota pejabat pemerintahan kota yang di Australia disebut sebagai councillors.

Semua councillors Auburn dilarang bertugas selama berlangsungnya proses penyelidikan, kecuali jika mereka bisa mengajukan alasan meyakinkan dalam 14 hari ke depan.

Salah seorang councillor, Irene Simms, kepada ABC di Sydney menyatakan,  Menteri Toole memang berhak menjatuhkan skorsing kepada Pemkot, namun dia berharap sang menteri memahami bahwa tidak seluruh councillors berperilaku sama.

"Sangat kejam jika empat orang councillors yang selama ini mati-matian mencegah dan menghentikan apa yang kita pandangan sebagai praktek kolusi," katanya.

"Di media juga sudah ramai diberitakan siapa councillor yang dimaksud," kata Simms.

"Kami mendukung penyelidikan ini, namun meminta supaya Pemkot tidak dibekukan," tambahnya.

Tahun lalu, councillor bernama Salim Mehajer yang juga menjabat wakil walikota, menjadi sorotan media di Australia karena melangsungkan pesta pernikahan secara mewah.

Selain itu, jalanan di sekitar lokasi acara pesta pernikahannya itu dipasangi peringatan seolah-olah tidak boleh dipergunakan untuk parkir. Ternyata peringatan itu berasal dari pihak Salim, yang belakangan diketahui menggunakan area jalan tersebut untuk parkir tamu-tamunya sendiri.

Dia juga kini menghadapi sejumlah tuntutan hukum dalam berbagai kasus.

Secara terpisah juru bicara Menteri Toole menyatakan Pemkot Auburn punya waktu 14 hari untuk mengajukan keberatan atas pembekuan ini.

"UU mengatur pembekuan seluruh pejabat Pemkot, bukan individu councillor," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com