Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eks Wakil Perdana Menteri Romania Akan Diselidiki Terkait Pengawalan Bermotor

Kompas.com - 26/01/2016, 09:06 WIB
KOMPAS.com - Jaksa penuntut di Romania akan melakukan penyelidikan kriminal atas mantan wakil perdana menteri karena dugaan menggunakan pengawalan bermotor secara berlebihan.

Berdasarkan undang-undang Romania, hanya presiden, perdana menteri, dan dua ketua parlemen yang bisa menggunakan pengawalan bermotor, sedangkan para menteri hanya dalam kepentingan darurat.

Namun jaksa menuduh Gabriel Oprea menggunakan pengawalan bermotor polisi dengan rata-rata lima kali dalam sehari, antara Januari 2014 hingga November 2015.

Pengawalan itu termasuk untuk beberapa kunjungan pribadi maupun ke restoran.

Oprea mundur dari kursi wakil perdana menteri dan menteri dalam negeri pada November 2015, namun masih menjabat senator sehingga penyelidikan atasnya memerlukan persetujuan dari parmenen.

Dia sudah menegaskan bahwa dirinya tidak bersalah.

Pernyataan dari jaksa penuntut menyebutkan adanya penyalahgunaan sumber daya polisi lalu lintas yang seharusnya digunakan untuk membantu mengurangi kemacetan di ibukota Bukares.

Sebaliknya, menurut jaksa, polisi digunakan untuk membantu perjalanan pejabat yang tidak berhak untuk mendapatkannya.

Masalah pengunaan pengawalan bermotor Oprea yang berlebihan ini muncul ke permukaan setelah salah seorang polisi pengawalnya tewas karena sepeda motornya menabrak lobang di jalanan pada Oktober lalu.

Mundurnya Oprea dari jabatan wakil perdana menteri terkait dengan kebakaran di sebuah klub malam di Bukares tahun lalu, yang menewaskan 27 orang, dan memicu kemarahan umum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com