Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gambar Satelit Tunjukkan Biara Kristen Tertua di Irak Dihancurkan ISIS

Kompas.com - 21/01/2016, 06:33 WIB

Gambar-gambar satelit menguatkan fakta bahwa biara Kristen tertua di Irak sudah dihancurkan oleh kelompok militan ISIS.

Biara Santo Elijah berdiri di sebuah perbukutan di Kota Mosul sejak 1.400 tahun lalu.

Namun, pengamat mengatakan berdasarkan gambar satelit yang diperoleh kantor berita AP biara itu sudah dihancurkan pada akhir 2014, tak lama setelah ISIS merebut kota di Irak utara tersebut.

Seorang pendeta Katolik yang tinggal di Mosul memperingatkan sejarah Kristen dihancurkan secara brutal.

"Kami melihatnya sebagai upaya untuk mengusir kami dari Irak, membasmi, dan mengakhiri keberadaan kami di tanah ini," tutur Pastor Paul Thabit Habib, yang kini tinggal di Irbil, wilayah yang dikuasai Kurdi.

ISIS menjadikan umat Kristen di Irak dan Suriah sebagai sasaran dengan menyita harta bendanya dan memaksa untuk pindah memeluk agama Islam serta membayar pajak khusus atau diusir ke luar.

Kelompok militan itu juga menghancurkan beberapa biara dan gereja termasuk situs-situs pra-Islam, seperti Nimrud, Hatra, dan Nineveh di Irak serta Palmyra di Suriah.

Biara Santo Elijah atau Deir Mar Elia diyakini dibangun oleh para pendeta Assyria pada abad ke-6 dan belakangan digunakan oleh sebuah ordo Katolik, Chaldean.

Tahun 1743, pasukan Persia memberi ultimatum kepada para biarawan di sana pindah agama menjadi Islam, namun mereka menolak dan sekitar 150 orang dibunuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com