Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Anggota Navy SEAL Simpan Foto Jenazah Osama Bin Laden

Kompas.com - 20/01/2016, 13:32 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.com - Seorang mantan anggota Navy SEAL Angkatan Laut AS menyimpan sebuah foto jenazah Osama Bin Laden di komputer yang ia serahkan kepada penyidik, lapor sebuah situs berita AS, Selasa (19/1/2016). Orang itu tidak berhak untuk menyimpan foto tersebut.

Temuan tersebut terjadi setelah Matthew Bissonnette, yang menembak Bin Laden dalam sebuah serbuan terkenal tahun 2011 di kompleks persembunyian pemimpin Al Qaeda itu di Pakistan, memberi sebuah salinan hard drive komputernya kepada para penyidik.

Dia telah diselidiki terkait dugaan membeberkan informasi rahasia dalam bukunya tentang serbuan tersebut, yang berjudul No Easy Day.

Bissonnette memberi salinan hard drive komputernya kepada para penyidik sebagai bagian dari kesepakatan demi menghindari penuntutan terkait materi buku itu, kata dua orang yang dekat dengan kesepakatan tersebut kepada Intercept.

Menurut Intercept, dalam hard drive tersebut, para penyidik menemukan foto Bin Laden dan sejumlah dokumen yang merinci pekerjaan Bissonnette sebagai seorang konsultan saat dia masih bertugas dengan SEAL Team 6.

Pemerintah AS belum pernah merilis foto jenazah Bin Laden dan mengatakan bahwa pemimpin Al Qaeda itu dimakamkan di laut tak lama setelah serangan mematikan itu.

Robert Luskin, pengacara Bissonnette, mengatakan kepada Intercept bahwa kliennya sebelumnya telah diperiksa, tetapi Departemen Kehakiman AS menghentikan penyelidikan  pada Agustus lalu.

Luskin mengatakan, ia menjadi perantara kesepakatan pada tahun 2014 yang memungkinkan Bissonnette memberi jutaan dollar kepada pemerintah AS dari keuntungan penjualan buku itu. Luskin tidak mengomentari foto yang diklaim tersebut, atau apakah sebuah penyelidikan masih berlangsung.

Osama Bin Laden tewas pada Mei 2011 ketika pasukan SEAL menyerbu tempat persembunyiannya di Abbottabad, Pakistan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com