Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Berusaha Atasi Diskriminasi terhadap Perempuan Muslim

Kompas.com - 18/01/2016, 17:55 WIB
KOMPAS.com - Perdana Menteri Inggris David Cameron menyatakan pihaknya memerlukan langkah lebih aktif untuk mengatasi diskriminasi terhadap perempuan Muslim dan pemisahan pada sejumlah masyarakat Inggris.

Sebuah kajian akan dilakukan Dewan Syariah di Inggris dan dana sebesar £20 juta atau 3,9 miliar dollar AS akan digunakan untuk menyediakan kelas bahasa bagi 22 persen perempuan Muslim di Inggris yang hanya bisa sedikit berbahasa Inggris atau tidak mampu sama sekali.

PM Cameron mengatakan, langkah ini dapat membantu mengatasi radikalisme.

Sebagian warga Muslim mempertanyakan hubungan bahasa dengan ekstremisme.

Lewat tulisan di Times, Cameron mengatakan, kurangnya integrasi dalam masyarakat Inggris terkait sejumlah masyarakat Muslim membantu terbentuknya ekstremisme dan memungkinkan "praktik yang mengerikan" seperti sunat perempuan dan kawin paksa.

"Minggu lalu, saya memimpin pertemuan sekelompok perempuan Muslim cerdas yang menjadi panutan. Dan, saya mendengar contoh menarik begitu banyak perempuan yang hidup di negara kita, (tetapi) sebagian memperlihatkan gambaran yang mencemaskan tentang pemaksaan pemisahan berdasarkan jenis kelamin, diskriminasi dan pengasingan masyarakat dari kehidupan Inggris pada umumnya," katanya.

"Ini Inggris. Di negara ini, perempuan dan anak perempuan bebas memilih cara hidupnya," tambah Cameron.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com