Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Pengungsi Mendengarkan Paus di Vatikan

Kompas.com - 18/01/2016, 08:37 WIB
VATIKAN, KOMPAS.com - Paus Fransiskus menyambut beberapa ribu pengungsi dari Lapangan Santo Petrus di Vatikan bersamaan dengan hari yang didedikasikan Gereja Katolik untuk para pengungsi, Minggu 17 Januari.

Dalam khotbah terbukanya, Paus mengatakan para pengungsi membawa "sebuah sejarah, sebuah budaya, sebuah nilai-nilai berharga" dan mendesak mereka untuk tidak kehilangan harapan.

"Kehadiran Anda di alun-alun ini merupakan pertanda harapan dari Tuhan. Jangan biarkan diri Anda kehilangan harapan dan kegembiraan hidup," jelasnya.

Sekitar 5.000 pengungsi, termasuk para pencari suaka, mengibarkan bendera asal negara mereka saat khotbah Paus.

Eropa saat ini sedang menghadapi gelombang arus pengungsi dan tahun 2015 lalu saja diperkirakan lebih dari satu juta pengungsi memasuki Eropa, sebagian besar dari Suriah, Irak, maupun negara-negara lainnya.

Krisis pendatang di Eropa ini juga menyebabkan perbedaan pendapat di kalangan negara-negara anggota Uni Eropa karena sebagian ingin membatasi dengan ketat kedatangan para pengungsi.

Pekan lalu, dalam pertemuan dengan para diplomat, Paus mendesak Eropa untuk terus menyambut para pendatang walau mengandung risiko keamanan dan tantangan lainnya.

Dan September tahun lalu, Vatikan sudah menerima satu keluarga Katolik dari Damaskus yag ditempatkan di salah satu apartemen di Vatikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com