Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uni Eropa: Serangan Teroris di Jakarta Harus Ditangani Secara Global

Kompas.com - 15/01/2016, 18:16 WIB
KOMPAS.com - Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Federica Mogherini menyebutkan, serangan teroris di Jakarta pada Kamis (14/1/2015) menjadi peringatan akan ancaman terorisme global yang harus ditangani secara global.

Ia menyampaikan rasa belasungkawa mendalam terhadap para korban dan keluarganya.

"Hati kami bersama keluarga dan teman-teman korban," ucap Mogherini.

Ditambahkannya, "Kami bersama pemerintah Indonesia dan rakyatnya dalam perjuangan mereka melawan kekerasan dan ekstremisme."

Indonesia telah menghadapi masalah kekerasan ekstremis dalam beberapa tahun terakhir, yang kerap terkait dengan kelompok garis keras Islam.

Diperkirakan, ratusan warga Indonesia telah bergabung dengan kelompok ISIS di Timur Tengah.

Polisi bulan lalu menangkap sembilan tersangka militan Islamis dan mengatakan bahwa mereka merencanakan serangan terkoordinasi pada malam tahun baru lalu.

Malaysia perketat keamanan

Kepala Polisi Malaysia Khalid Abu Bakar mengatakan polisi menetapkan peringatan keamanan Malaysia ke tingkat tertinggi setelah serangan mematikan di Jakarta.

Dia mengatakan, antisipasi keamanan telah ditingkatkan di tempat-tempat umum, seperti pusat perbelanjaan dan tempat wisatawan.

"Sementara tindakan pencegahan ekstra akan dilaksanakan di daerah-daerah perbatasan untuk mencegah kemungkinan penyusupan unsur-unsur teroris."

Pihak berwenang Malaysia telah menahan lebih dari 150 tersangka terkait ISIS selama dua tahun terakhir, termasuk beberapa orang yang diduga merencanakan serangan di daerah-daerah strategis di Kuala Lumpur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com