Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Iran Perintahkan Adili Pelaku Serangan Kedubes Saudi

Kompas.com - 11/01/2016, 21:12 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis

Sumber Reuters
TEHERAN, KOMPAS.com - Presiden Iran Hassan Rouhani memerintahkan pihak penegak hukum untuk segera mengadili pelaku penyerangan Kedutaan Besar Arab Saudi di Teheran pekan lalu.

Keputusan ini diambil di tengah mulai meningkatnya kecemasan elit penguasa negeri itu akan dampak buruk akibat isolasi besar-besaran yang dilakukan negara tetangganya.

Pemerintah pusat menyatakan bahwa pelaku penyerangan ngotot menyerbu Kedubes Saudi walaupun polisi sudah melakukan upaya terbaik untuk menghentikan mereka.

“Sejumlah pelaku penyerangan telah diidentifikasi, ditahan, dan sedang diinterogasi,“ Jaksa Umum Teheran Abbas Jafari Dolatabadi menyatakan, Senin (11/01).

Kementerian Dalam Negeri juga telah mencopot Wakil Gubernur Teheran untuk Urusan Keamanan, Safar Ali Baratlou yang dinilai telah lalai menjalankan tugasnya.

Presiden Rouhani menegaskan, pihaknya menginginkan kasus ini segera dibereskan.

Penyerangan Kedubes Saudi itu, menurut dia, telah melukai dan merusak martabat Iran sebagai suatu negara.

Aksi rusuh itu juga menganggu upaya Iran yang sedang berusaha memulihkan citra internasionalnya setelah kesepakatan nuklir yang sukses bulan Juli tahun lalu.

Arab Saudi, Bahrain, Sudan, dan sejumlah negara Arab lainnya telah mengambil kebijakan untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran.

Terganggunya hubungan diplomatik ini berpotensi fatal terhadap Iran yang mengalami masalah ekonomi akibat sanksi ekonomi panjang yang dijatuhkan negara Barat sebelum penandatanganan kesepakatan nuklir itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com