Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembacaan Sumpah Setia Wali Kota di New York Gunakan Bahasa Indonesia

Kompas.com - 09/01/2016, 05:16 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Ada yang unik dalam acara pengambilan sumpah jabatan Wali Kota Somersworth, New Hampshire, Dana S Hilliard, di City Hall Somersworth, New York, Amerika Serikat, Kamis (7/1/2016). Untuk pertama kalinya, pembacaan ikrar setia wali kota itu dilakukan dalam bahasa Indonesia.

Konsul Pensosbud KJRI New York Benny YP Siahaan bertindak mewakili KJRI New York sebagai tamu undangan khusus di acara itu. Kepada Antara London, Benny mengatakan bahwa Indonesia merupakan satu-satunya perwakilan negara asing yang hadir pada acara tersebut.

"Begitu dekatnya hubungannya dengan Indonesia, Wali Kota sampai meminta agar pembacaan ikrar setia (pledge of allegiance) juga dalam bahasa Indonesia, selain dalam bahasa Inggris dan Perancis," ujar Benny seperti dikutip Antara, Sabtu (9/1/2016).

Pembacaan janji setia berbahasa Indonesia itu dilakukan oleh seorang pelajar kelas menengah Somersworth.

Pelantikan ini merupakan periode kedua bagi Hilliard. Ia dikenal sebagai pribadi supel, terbuka, serta mendukung toleransi dan keragaman budaya di kota tersebut.

Hilliard mengucapkan terima kasih kepada warga Kota Somersworth atas kepercayaan yang diberikan untuk memimpin kembali kota itu dan berharap dapat menjadi kota tersebut lebih baik.

Pada kesempatan tersebut, KJRI New York memberikan cendera mata berupa kemeja batik sebagai ucapan selamat atas pelantikan Hilliard. Benny menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Hilliard atas perhatian dan dukungannya kepada masyarakat Indonesia di Somersworth yang berjumlah sekitar 500 orang.

Hilliard pun berterima kasih atas pemberian batik itu. Ia berjanji akan memakai batik yang diberikan pada acara pesta masyarakat pada Februari 2016.

Dalam tiga tahun terakhir kerja sama antara pemerintah Kota Somersworth, KJRI New York, dan komunitas Indonesia sangat erat dalam memajukan dan memperkenalkan Indonesia di kota tersebut.

Kerja sama itu antara lain mencakup pengenalan bahasa Indonesia, seni dan budaya melalui pagelaran seni yang diselenggarakan komunitas Indonesia bekerja sama dengan KJRI New York dan didukung Pemkot Somersworth.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com