Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klub Nudis Tertua di Australia Ajak Anggota Baru Menikmati Pantai

Kompas.com - 08/01/2016, 21:26 WIB
SYDNEY, KOMPAS.com — Sydney memiliki sejarah panjang soal kelompok yang gemar bertelanjang di pantai, yang dikenal dengan isilah nudis.

Masih ada otoritas sejumlah kawasan di pantai utara dan selatan kota Sydney yang memperbolehkan pengunjung untuk bertelanjang, asalkan bergabung dengan kelompok khusus, demi privasi dan kenyamanan.

Para anggota dari Heritage Australian Nudist Club mengaku, ada banyak cara untuk menikmati hidup, tidak terbatas pada berjemur di bawah sinar matahari atau bermain pasir.

Kelompok yang gemar bertelanjang di pantai ini termasuk kelompok nudis tertua di Australia, yang berdiri sejak tahun 1949.

Sejumlah pantai khusus dengan privasi tingkat tinggi dimiliki oleh kelompok ini, salah satunya adalah Minto Heights di Negara Bagian New South Wales.

Pantai ini memiliki kawasan semak-semak bagi mereka yang suka berjalan menelusuri jalan setapak dan pantai untuk berenang.

"Sangat menyegarkan dan membuat rileks saat berjalan-jalan menelusuri semak-semak tanpa sehelai pakaian pun," ujar Michael, presiden kelompok nudis.

Michael dan istrinya sudah menjadi anggota kelompok tersebut selama 14 tahun. Ia kali pertama tahu soal keberadaan kelompok tersebut dari sebuah iklan yang ada di koran lokal.

Suami-istri tersebut juga merasa sangat berkesan dengan keramahan dari anggota lain yang juga gemar bertelanjang.

"Sangat ramah. Mereka menyambut kami dengan baik dan dibuat merasa nyaman," katanya.

"Saya terkejut ketika istri saya juga mengatakan dirinya ingin bergabung."

Setiap anggota memiliki kunci sendiri untuk bisa masuk ke kawasan pantai yang privasinya sangat terjaga. Mereka diperbolehkan mengunjungi pantai khusus tersebut kapan pun.

Michael mengatakan, mereka yang baru bergabung lebih merasa nyaman untuk menggunakan fasilitas yang disediakan oleh klub, daripada mengunjungi pantai nudis yang terbuka untuk umum, seperti pantai Lady Jane di kawasan South Head, New South Wales.

"Mungkin yang terasa, orang-orang melihat Anda (jika di pantai nudis untuk publik). Namun, di fasilitas milik klub, Anda merasa lebih aman karena saling mengenal," tambah Michael.

"Bisa jadi ini karena ada lebih banyak rasa percaya dan rasa saling menghormati...."

Ia juga menjelaskan, mereka yang ingin bergabung diperbolehkan untuk mencoba terlebih dahulu berkunjung ke pantai khusus tersebut.

"Kita akan bertemu mereka dari beberapa jarak tertentu, kemudian mereka dipersilakan masuk ke klub," katanya.

"Setelah diajak berkeliling, mereka kemudian bisa memutuskan untuk bergabung atau tidak."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com