Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erdogan: Tentara Turki Bunuh 18 Anggota ISIS

Kompas.com - 08/01/2016, 19:53 WIB
ANKARA, KOMPAS.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Jumat (8/1/2016), menyatakan tentaranya telah membunuh 18 anggota ISIS setelah ekstremis itu melancarkan serangan pada sebuah kamp yang dipakai untuk melatih pejuang Irak di luar kota Mosul.

Pasukan Turki menggunakan kamp Bashiqa di luar Mosul untuk melatih pejuang lokal Irak demi merebut kembali kota tersebut dari ISIS.

"Delapan belas anggota organisasi teror Daesh (ISIS) yang ingin menyusup ke Bashiqa sudah dinetralisir," kata Erdogan dalam wawancara televisi seusai shalat Jumat di Istanbul.

"Tak satupun tentara kami terluka," tambah dia.

Belum jelas jenis serangan yang dilakukan kelompok ISIS. Namun Erdogan mengatakan bahwa pasukan Turki siap mematahkan segala jenis gangguan.

"Pasukan bersenjata kami di sana, pejabat kami memberikan pelatihan militer untuk siap menghadapi berbagai jenis serangan atau apapun yang terjadi," kata Erdogan.

Kehadiran tentara Turki, kendati disambut otoritas lokal di Kurdistan Irak, namun menjadi beban bagi pemerintah Irak tengah. Pemerintah pun mendesak tentara Turki untuk hengkang dari Irak.

Pada Desember lalu, Turki menarik beberapa tentaranya setelah mendapat tekanan dari Amerika Serikat. Namun kini tidak jelas berapa jumlah pasukan yang tersisa di kamp tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com