Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menlu Sebut Indonesia Siap Damaikan Arab Saudi-Iran

Kompas.com - 07/01/2016, 15:31 WIB
Abba Gabrillin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan bahwa Indonesia bersedia menjadi inisiator perdamaian untuk menyelesaikan konflik antara Arab Saudi dan Iran yang semakin memanas.

Kementerian Luar Negeri RI sedang berupaya menjalin komunikasi negara-negara terkait untuk menggalang perdamaian.

"Sebagai teman baik untuk Saudi dan Iran, Indonesia menawarkan apabila ada yang dapat dilakukan untuk menjadikan suasana lebih baik," ujar Retno dalam pernyataan pers tahunan di Gedung Kemenlu RI, Jakarta, Kamis (7/1/2016).

"Kami minta kedua negara (Arab Saudi-Iran) untuk menahan diri agar situasi tidak lebih buruk," kata dia.

Hingga saat ini, Retno menjelaskan bahwa upaya komunikasi kepada masing-masing menteri luar negeri terus ia upayakan.

Adapun langkah-langkah perdamaian dilakukan dengan merencanakan suatu forum pertemuan karena situasi yang belum kondusif dan semakin tidak stabil.

"Saya akan telepon beberapa Menlu untuk mencoba mencari bentuk pertemuan yang bisa berkontribusi dalam penyelesaian secara damai," ucap Retno.

"Bahkan, dengan Sekjen OKI, saya sampai dua kali bicara," tuturnya.

Pada awal 2016, situasi keamanan di kawasan Timur Tengah kembali memanas. Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir, mengumumkan bahwa Saudi memutus hubungan diplomatik dengan Iran pada Minggu (3/1/2016) malam.

Langkah ini dilakukan setelah demonstran menyerbu Kedutaan Besar Saudi di Teheran.

Sebelumnya, orang-orang berunjuk rasa di kantor Kedutaan Besar Saudi di ibu kota Iran tersebut untuk memprotes pelaksanaan hukuman mati terhadap ulama Syiah terkemuka oleh Pemerintah Arab Saudi, Nimr al-Nimr, Sabtu (2/1/2016).

Al-Nimr disebut terlibat dalam kasus terorisme. Ketegangan tersebut dinilai berpotensi merusak situasi keamanan di Asia dan Timur Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com