Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Malaysia, Poster Film "The Monkey King 2" Tanpa Karakter Manusia Babi

Kompas.com - 06/01/2016, 17:15 WIB
KUALA LUMPUR, KOMPAS.com — Poster film The Monkey King 2 produksi Hongkong, yang akan diputar menjelang Imlek, harus mendapatkan modifikasi khusus di Malaysia.

Modifikasi itu adalah menghilangkan gambar tokoh Zhu Bajie, karakter separuh manusia dan separuh babi.

Film yang dibintangi para pemain ternama, seperti Gong Li dan Aaron Kwok, itu didasari kisah klasik China soal seorang pendeta Buddha yang berkelana ke wilayah barat bersama tiga muridnya.

Salah satu murid sang pendeta Buddha itu adalah Zhu Bajie, yang digambarkan separuh manusia dan separuh babi.

Distributor film itu, Golden Screen Cinemas, mengatakan, sensor terhadap karakter Zhu Bajie tak dilakukan berdasarkan instruksi pemerintah. Namun, distributor tak menjelaskan alasan modifikasi poster film itu.

"Distributor film memiliki penilaian untuk memodifikasi poster film agar sesuai dengan lingkungan setempat," kata seorang juru bicara Golden Screen Cinema, seperti dikutip AFP.

Namun, penghilangan karakter Zhu Bajie dari poster film itu mengundang kritik di media sosial.

Di Pulau Penang, pemerintah setempat menghilangkan sejumlah patung babi dari sebuah taman bermain pada November untuk memenuhi protes warga lewat dunia maya.

Bahkan, di beberapa pusat perbelanjaan Malaysia, sepatu yang mengandung kulit babi diberi label peringatan dan harus dibungkus plastik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com