Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buku Mein Kampf Karya Adolf Hitler Akhirnya Beredar di Jerman

Kompas.com - 02/01/2016, 15:11 WIB

Buku berjudul Mein Kampf yang berarti Perjuangan Saya karya Adolf Hitler akhirnya bisa beredar luas di Jerman mulai 1 Januari 2016.

Namun, buku yang baru dicetak itu disertai catatan para ahli. Buku yang sangat fenomenal karena dianggap sebagai sumber ideologi Nazi itu akan tersedia di rak-rak toko buku di Jerman.

Ini untuk pertama kalinya buku itu dapat dibeli di toko buku di negara itu semenjak berakhirnya Perang Dunia Kedua.

Mein Kampf, yang berarti "Perjuangan Saya" pertama kali dicetak pada tahun 1925, delapan tahun sebelum Hitler berkuasa.

Setelah tentara Nazi dikalahkan Sukutu pada 1945, pasukan Sekutu menyerahkan hak cipta buku tersebut kepada negara bagian Bavaria.

Semenjak saat itu, pemerintah setempat menolak mengizinkan buku tersebut dicetak kembali untuk mencegah terpicunya kebencian.

Catatan para ahli

Tetapi berdasarkan hukum Jerman, hak cipta buku itu berakhir dalam 70 tahun, sehingga awal Januari 2016 ini para penerbit mendapatkan akses bebas terhadap naskah aslinya.

Walaupun demikian, penerbitan ulang Mein Kampf -yang dikecam sebagian kelompok Yahudi yang menuntut buku itu tidak diterbitkan untuk selamanya - akan disertai catatan kritis para ahli di Jerman.

Teks dan komentar berjumlah ribuan dari para ahli itu bertujuan untuk menghilangkan mitos tentang isu buku itu yang selama ini berkembang di masyarakat.

Para sejarawan Jerman juga menyambut penerbitan buku ini untuk membantu memahami apa yang terjadi di Jerman pada era Partai Nazi berkuasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com