Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Berjuang Melawan Komplikasi, Natalie Cole Meninggal di Los Angeles

Kompas.com - 02/01/2016, 04:01 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Penyanyi Natalie Cole, menghembuskan nafas yang terakhir di usia 65 tahun pada hari pertama tahun 2016.

Anak dari legenda jazz, Nat "King" Cole meninggal di sebuah rumah sakit di Los Angeles setelah berjuang dengan penyakit komplikasi. Salah satunya adalah penyakit ginjal yang dideritanya.

"Natalie telah berjuang dengan keras dalam hidupnya dengan seluruh martabat, kehormatannya dan kekuatan," demikian pernyataan resmi keluarga Natalie Cole sebagaimana dikutip dari AFP, Sabtu (2/1/2015).

Pihak keluarga juga mengutip salah satu syair yang pernah dinyanyikan Natalie, dengan menyebutkan: "Ibu tercinta dan saudara perempuan kami akan selalu kami rindukan dan tetap kami kenang dalam hati selamanya."

Penghormatan terakhir juga berdatangan dari berbagai kalangan. Pemimpin hak-hak sipil Jesse Jackson menyatakan kesedihannya melalui Twitter denan menulis Natalie Cole sebagai, "Seorang saudara perempuan tercinta. Semoga arwahnya istirahat dengan damai."

Berbeda dengan kebanyakan artis sejaman dia yang memulai debut karier dengan latar belakang yang cukup keras, Natalie Cole tumbuh dari keluarga yang makmur di Los Angeles. Kariernya berkaitan erat dengan ayahnya yang juga seorang artis.

Dia tampil perdana di sebuah klab dan memperkenalkan diri sebagai anak perempuan Nat "King" Cole. Dalam perjalanannya, dia berjuang cukup keras hingga menemukan karakternya sebagai salah satu penyanyi R&B.

Setelah mempelajari musik R&B, soul dan pop, Natalie Cole mencapai suksesnya pada tahun 1991 dengan mengemas ulang lagu-lagu yang pernah dibawakan ayahnya.

Albumnya yang bertajuk  "Unforgettable... With Love," memenangkan Grammy Album of the Year dan berhasil terjual lebih dari tujuh juta copy di Amerika Serikat.

Cole selanjutnya mengejar kariernya di dunia akting, dan beberapa kali menjadi bintang dalam serial yang diputar pada jam tayang utama.

Di balik kesuksesannya, kehidupan Cole juga memiliki sisi kelam, di antaranya kenanduan narkotika dan tiga kali bercerai.

Dalam otobiografinya yang terbit pada tahun 2000 yang berjudul Malaikat di Pundakku (Angel on My Shoulder) Cole bertutur bagaimana perjuangannya mengatasi depresi setelah meninggalnya sang ayah dan menyaksikan anak laki-lakinya tenggelam di kolam renang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com