Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unjuk Rasa Warga Kulit Hitam di AS "Ganggu" Belanja Natal

Kompas.com - 24/12/2015, 16:17 WIB
KOMPAS.com — Sejumlah demonstrasi dilakukan grup pembela hak-hak warga kulit hitam, Black Lives Matter, di negara bagian Minnesota dan California, pada salah satu hari tersibuk di Amerika.

Para demonstran di Minnesota menutup sementara salah satu bandara internasional dan "mengganggu" aktivitas belanja jelang hari Natal di pusat perbelanjaan terbesar di Amerika, Mall of America.

Polisi dan satpam mal langsung dikerahkan untuk menghadapi pengunjuk rasa. Mereka diperingatkan "akan ditahan" jika tidak segera meninggalkan mal.

Sejumlah toko bahkan tutup selama sekitar satu jam.

Black Lives Matter di Minnesota melakukan protes atas penembakan seorang lelaki kulit hitam, Jamar Clark, November lalu.

Clark ditembak mati oleh polisi Minnesota karena melakukan perlawanan ketika akan ditahan, setelah adanya laporan kekerasan yang diduga dilakukan oleh Clark.

Black Lives Matter adalah organisasi yang dibentuk sebagai protes terhadap berbagai aksi penembakan yang dilakukan polisi, yakni terhadap lelaki kulit hitam di Ferguson, Missouri, New York, dan berbagai kota lainnya.

Demo di California

Selain di Minnesota, demonstrasi serupa juga terjadi di California.

Foto-foto yang diunggah para pendemo di media sosial menunjukkan, mereka memegang spanduk dan poster yang meminta agar keadilan ditegakkan atas kasus Mario Woods.

Woods juga ditembak mati oleh polisi setelah diduga menusuk seorang korban di San Francisco.

Harian San Francisco Chronicle menyebut, delapan demonstran yang berusaha menutup salah satu jalan di selatan Bandara internasional San Francisco telah ditahan polisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com