Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boko Haram Paksa 1 Juta Anak Putus Sekolah

Kompas.com - 22/12/2015, 17:11 WIB
KOMPAS.com — Lebih dari satu juta anak terganggu proses pendidikannya. Hal itu terjadi karena konflik di sekitar Nigeria, menambah 11 juta anak yang sudah putus sekolah di kawasan itu.

Dana Anak-anak PBB (Unicef) hari Senin (21/12/2015) menyatakan, 2.000 lebih sekolah di seluruh Nigeria, Kamerun, Chad, dan Niger tutup sejak awal pemberontakan Boko Haram yang membuat kawasan itu tidak stabil dan menyebabkan jutaan orang kehilangan tempat tinggal.

Manuel Fontaine, Direktur Unicef kawasan Afrika Barat dan Tengah, menyatakan, konflik itu merupakan pukulan keras bagi pendidikan di kawasan tersebut. Kekerasan membuat banyak anak berhenti sekolah lebih dari satu tahun dan menempatkan mereka dalam risiko putus sekolah.

Meskipun dalam beberapa bulan terakhir Unicef telah membantu ratusan sekolah buka kembali di Nigeria timur laut, ketidakamanan dan kekhawatiran atas kekerasan menghalangi banyak guru untuk melanjutkan kembali kelas dan membuat orangtua enggan mengirim anak-anak mereka kembali ke sekolah.

Di Nigeria saja, sekitar 600 guru tewas dalam enam tahun pemberontakan yang dilancarkan Boko Haram.

Fontaine mengatakan, sekolah-sekolah menjadi target serangan sehingga anak-anak takut kembali ke sekolah. Namun, semakin lama mereka tidak bersekolah, semakin besar risiko disiksa, diculik, atau direkrut oleh kelompok-kelompok bersenjata.

Boko Haram sebagian besar berbasis di Nigeria timur laut, tetapi kelompok militan itu tahun ini meningkatkan serangannya, mendirikan kamp-kamp dan melancarkan serangan-serangan di negara tetangga Kamerun, Chad, dan Niger dalam upayanya untuk mendirikan kekhalifahan Islam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com