Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Luncurkan Bus Air untuk Atasi Kemacetan di Shanghai

Kompas.com - 22/12/2015, 16:09 WIB
SHANGHAI, KOMPAS.com - Untuk mengatasi masalah kemacetan di Shanghai, China, otoritas setempat meluncurkan bus air. Bus yang berjalan sepanjang sungai di Shanghai ini mulai beroperasi sejak Kamis (17/12/2015) lalu.

Bus air pertama ini melewati jalur-jalur sungai Huangpu, menyediakan akses ke tempat-tempat seperti area Bund tepi laut, Bund Utara dan kota bisnis Lujiazui.

Untuk sekali jalan, penumpang dikenai harga tiket 4 yuan atau sekitar Rp 8.000. Untuk sementara, bus ini beroperasi dari pukul 7.30 hingga 9.00 dan 04.30 hingga 06.00.

Kendati tiket murah dan menawarkan pemandangan indah selama di perjalanan, namun bus air ini sepi peminat. Sebuah media lokal melaporkan, hanya 10 tiket terjual untuk rute Jalan Dongchang.

Sepinya peminat bus unik tersebut karena kurangnya publisitas. Selain itu, lamanya perjalanan yang memakan waktu 30 menit membuat bus ini kurang laku bagi pekerja yang membutuhkan kecepatan dan ketepatan waktu.

Namun demikian, bus air ini menjadi salah satu alternatif bagi orang-orang yang bosan dengan kemacetan kota. Apalagi, otoritas setempat akan membangun 27 stasiun untuk jaringan bus yang mirip kapal wisata itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com