Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengebom Bunuh Diri Tewaskan 6 Tentara AS di Afganistan

Kompas.com - 22/12/2015, 10:46 WIB
BAGRAM, KOMPAS.com - Pentagon mengukuhkan bahwa enam tentara Amerika tewas oleh pengebom bunuh diri pada hari Senin (21/12/2015), dalam serangan terhadap patroli NATO dekat Pangkalan Udara Bagram di Afganistan.

Taliban mengaku bertanggung jawab atas serangan itu dengan mengatakan seorang pengebom bunuh diri yang mengendarai motor menewaskan 19 tentara. Tetapi Taliban terkenal membesar-besarkan jumlah korban.

NATO mengatakan akan menyelidiki serangan itu.

Menteri Pertahanan Amerika Ash Carter menyebut pengeboman itu “pengingat yang menyakitkan” atas bahaya yang dihadapi tentara Amerika setiap hari di Afganistan.

“Sebagaimana yang saya saksikan dalam kunjungan saya ke Afganistan hari Jumat lalu, tentara kita bekerja sama dengan tekun dengan mitra Afganistan kita untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi rakyat Afganistan. Upaya dedikasi mereka akan berlanjut meskipun ada kejadian tragis ini.”

Carter mengatakan serangan bom itu mencederai dua tentara Amerika lainnya dan seorang pegawai kontrak.

Gedung Putih mengirim belasungkawanya kepada para keluarga korban dan mengatakan tidak akan menyerah dalam melawan ancaman teroris yang melanda kawasan itu.

Ribuan tentara Amerika ditempatkan di Bagram melatih pasukan Afganistan sampai Afganistan bisa sepenuhnya bertanggung jawab atas keamanannya sendiri.

PBB telah mendesak Taliban untuk mengadakan perundingan damai dengan pemerintah Afganistan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com