Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muslim Kenya Lindungi Warga Kristen dari Milisi

Kompas.com - 22/12/2015, 10:21 WIB
KOMPAS.com - Sekelompok umat Muslim Kenya yang diserang para milisi bersenjata saat melakukan perjalanan dengan bus berusaha melindungi penumpang Kristen dengan menolak dipisahkan.

Mereka mengatakan kepada para milisi agar "membunuh mereka bersama atau membebaskan mereka", kata gubernur setempat kepada media Kenya.

Paling tidak dua orang terbunuh dalam serangan di dekat desa El Wak di timur laut dekat perbatasan Somalia.

Kelompok Al-Shabab yang bermarkas di Somalia adalah terduga utama pelaku serangan tetapi mereka tidak menyebutkan bertanggung jawab atas insiden terbaru ini.

Bagaimanapun mereka sering melakukan serangkaian serangan di Kenya bagian timur laut.

Bus yang membawa umat Muslim dan Kristen itu diserang ketika sedang dalam perjalanan dari ibu kota Nairobi ke kota Mandera.

Dalam serangan Al-Shabab yang menewaskan 147 orang di Universitas Garissa pada bulan April, milisi dilaporkan memisahkan warga Kristen dan menembak mereka namun membebaskan banyak warga Muslim.

Tahun lalu, sebuah bus diserang di dekat Mandera oleh milisi Al Shabab, yang menewaskan 36 orang bukan Muslim yang sedang dalam perjalanan ke Nairobi untuk merayakan Natal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com